Selasa, 13 September 2016

MAKALAH BISNIS PLAN

BISNIS PLAN
Konveksi Tas
Deskripsi Usaha Bisnis
Nama Usaha        : The Castoen Bag's Collection
Bidang Usaha      : Produk barang
Jenis Produk        : Tas
Alamat Email       :................................................
Alamat Usaha      : Jl.Gedang Sewu No. 7,Desa. Peganjaran, Kec. Bae, Kab. Kudus
Nomor Telepon    : 089667775665

A.    Analisis Lingkungan Bisnis
1. Analisis lingkungan ekonomi
                    Dalam bisnis ini akan diproduksi tas yang berkualitas, sehingga untuk memproduksinya membutuhkan banyak biaya. Produk tas yang kami buat ini dapat dijangkau oleh konsumen kelas menengah keatas. Kami juga menerima pesanan tas untuk konsumen yang ingin mendesain model atau menambahkan aksesoris - aksesoris yang diinginkan.
2. Analisis lingkungan industri
                   Belakangan ini memang sedang menjamur usaha-usaha konveksi tas, bahkan muncul brand-brand yang baru bermunculan. Meskipun konveksi ini belum dapat memproduksi tas dalam jumlah yang banyak seperti perusahaan tas yang telah besar dengan brandnya yang populer. Kami tetap yakin untuk memulai bisnis ini dengan menghasilkan produk yang mengikuti perkembangan pasar dan berkualitas. Kendala dari bisnis ini lebih cenderung kearah peniruan model tas, misalnya saja model tas yang sedang laku dipasaran akan langsung ditiru produsen yang lain. Mereka biasanya memproduksi dalam jumlah banyak kemudian menjualnya dengan harga dibawah produk aslinya.
3. Analisis lingkungan global
                   Persaingan produk global pada saat ini memang sangat terasa, apalagi dengan akan diadakannya  izin ekspor impor yang semakin dipermudah oleh pemerintah. Hal ini akan menambah persaingan bagi produsen dalam mengambil hati para konsumen, apalagi kecenderungan yang dimiliki masyarakat yang lebih bangga memakai produk luar negeri. Namun kami yakin produk yang kami produksi akan dapat bersaing dipasaran. Hal ini dikarenakan kami akan mendesain produk dengan kreatif dengan memberikan sentuhan-sentuhan cantik seperti menkombinasikan dengan kain-kain khas daerah, menambahkan aksesoris dll.                        
B. Rencana Pemasaran
1. a. Segmentasi Pasar
Setelah kami melakukan survey tentang daya tarik konsumen terhadap produk kami,maka disini kami akan mengelompokkan konsumen dengan beberapa segmen pasar.
a)      Segmen demografis
Di segmen ini kami lebih menfokuskan kearah konsumen perempuan remaja hingga dewasa yang mempunyai penghasilan cukup dan tergolong masyarakat kelas menengah keatas.
b)      Segmen geografis
Di segmen ini kami akan beroperasi diseluruh wilayah Indonesia akan tetapi kami lebih memperhatikan terutama dikota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.
c)      Segmen psikografis
Di segmen ini kami membagi konsumen berdasarkan gaya hidup mereka dengan dua kelompok yaitu konsumen yang membeli produk kami karena dengan alasan mengikuti trend dan konsumen yang membeli produk kami karena alasan sekedar memanfaatkan fungsi asli dari tas sebagai tempat menyimpan barang.
b. Target Pasar
                             Di sini sasaran kami adalah seluruh wanita yang berusia remaja hingga dewasa dengan kelas ekonomi menengah keatas. Maka dari itu, kami berusaha memulai promosi ke kota-kota besar yang mayoritas penghuninyaadalah kaum sosialita.
c. Possisioning produk
     kami menawarkan produk kami yang mempunyai cirri khas dengan mengangkat nilai budaya di Indonesia seperti menambahkan didalamnya dengan kain khas daerah, menambahkan aksesoris khas daerah. Hal ini berbeda dengan produk lain yang belum tentu mempunyai nilai mengangkat budaya Indonesia. Dalam menjamin kualitas pada pelanggan kami memastikan bahwa tas yang diterima nanti akan dalam keadaan kemasan yang elegan dan tidak lupa akan kami tambahkan silicon didalamnya untuk mencegah jamur menempel. Oleh karena kualitas kami yang unggul itu, kami menawarkan harga dengan kisaran Rp.500.0000 sampai Rp.5.000.000. Konsumen dapat menggunakan produk kami dengan menyesuaikan aktifitasnya seperti tas pesta untuk menghadiri pesta dll.
2. Strategi produk
                   Dalam memproduksi tas, kami sesuaikan dengan kriteria yang sudah ditetapakan. Tapi, kami juga memberikan peluang bagi konsumen untuk memilih sendiri model dan bahannya. Motif dan model yang kami tawarkan tentunya sudah menjadi kesepakatan  dan memenuhi kriteria standar dari produk kami. Proses produksi kami tidak dilakukan sewaktu-waktu saja.  Namun, berjalan terus menerus selama ada waktu setiap hari kerja selain hari libur. Hal ini dikarenakan dengan memproduksi yang terus menerus, kami akan mendapatkan hasil produksi yang banyak untuk mencukupi permintaan bagi konsumen.
3. Strategi harga
                   Harga yang ditentukan tentu saja akan mempengaruhi pendapatan bagi bisnis kami, sehingga kami menentukannya dengan sangat teliti. Kami menentukannya dengan menghitung biaya yang dikeluarkan untuk biaya produksi yang mana nanti bergantung dengan jumlah produksi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Harga produk kami akan tetap tinggi di saat produk itu menjadi primadona atau model terbaru, namun kami akan sedikit menurunkan harga produk itu apabila kami telah mempuyai primadona yang lain untuk memberinya ruang dahulu di pasaran   .
4. Strategi distribusi
                   Untuk mempermudah para konsumen untuk menjangkau produk kami, kami akan membuka took-toko resmi kami di berbagai kota besar yang mayoritas penduduknya bergaya hidup mewah. Selain itu kami juga membuka toko online yang nantinya konsumen dapat memesan secara online untuk dikirim ketempatnya.       
5. Srategi promosi
                   Promosi produk kami akan menggunakan melalui periklanan dimedia cetak maupun elektronik. Nantinya kami akan memberikan perubahan pandangan pada konsumen terhadap produk kami dengan menggandeng artis-artis papan atas sebagai model ikon produk kami. Kami juga melakukan promosi di pameran, dan juga menjadi sponsor kepada salah satu rumah produksi di bidang perfilman untuk menggunakan produk kami.
C.    Rencana Strategi
1. Srategi generik
                   Dalam rumah produksi kami menggunakan strategi memfokuskan di bidang pengemasan produk yang berbeda dengan produk lain. Kami memprioritaskan bidang pengemasan untuk menjamin kualitas produk kami sampai ke tangan konsumen dengan kondisi yang sesuai dengan harapan.
2. Srategi pertumbuhan
                   Produk kami tumbuh dengan baik dikalangan konsumen dengan strategi promosi yang melibatkan ikon produk kami /brand ambasador          produk kami adalah artis terkenal yang tentunya nanti gaya hidupnya akan ditiru oleh para fans dan siapa saja yang melihatnya. Selain itu jika produk kami tumbuh dengan baik secara terus menerus kami akan menambahkan brand produk kami ke produk lain seperti sepatu dan topi.
D. Rencana Produksi
Proses produksi
       Dalam memproduksi kami ini ada beberapa tahap, yaitu :
1.      Memilih dan menetapkan desain jilbab
                        Dalam pendesainan produk dilakukan oleh karyawan dibidang tim kreatif. Berbagai desain yang telah dibuat oleh team kreatif dianalisis satu persatu, sehingga diperoleh desain yang terbaik dan sesuai dengan standart produk kami.
2.      Memilih bahan
                        Dalam pemilihan bahan yaitu memilih bahan yang berkualitas dan mempunyai nilai estetika tersendiri jika diaplikasikan. Kami memilih bahan utama seperti pollester, bludru, jeans, mitasi, batik, sutra, tenun dan rotan.
3.      Penjahitan produk
                        Dalam tahap ini, kami menggunakan mesin jahit manual yang nantinya dioperasikan para karyawan yang menjahitnya sesuai pola dan desain produk.
4.      Finishing
Disini kami akan melakukan proses pemeriksaan terhadap produk yang telah dijahit untuk menelitinya agar menjamin kualitasnya. Setelah itu kami melakukan proses pengemasan yang sangat penting agar kualitas produk tetap terjaga sampai ditangan konsumen.
Bahan baku
1.        Kain
2.        Resleting
3.        Benang
4.        Bisband
5.        Djarum
6.         Furing
7.        Plastik kemasan
8.        Sterofom
9.        Aksesoris
10.    Gunting 
11.    Listrik

Jumlah produksi
                   Kami memproduksi dengan melihat permintaan konsumen pada pasar, apabila permintaan meningkat maka kami akan memproduksi produk dalam jumlah yang tinggi  dan sebaliknya.                     
Penetapan lokasi produksi
                   Pembuatan produk ini di lakukan dilakukan di Jl.Gedang Sewu No. 7,Desa. Peganjaran, Kec. Bae, Kab. Kudus. Lokasi tersebut sangat strategis karena dekat dengan pusat kota dengan akses jalan yang baik.
E. Rencana SDM Personalia
1. Kebutuhan SDM
               Untuk memperlancar kegiatan produksi kami membutuhakan 1 orang direktur, 1 orang manajer,15 orang penjahit, 2 orang tim kreatif, 3 orang bagian finishing dan 3 orang bagian pemasaran.
2. Proses Seleksi
  1. Seleksi karyawan
                        Kami melakukan seleksi terhadap karyawan sesuai dengan bidangnya. Contohnya di bidang menjahit, kami memilih karyawan yang mempunyai keterampilan dan keuletan dalam menjahit. Untuk bagian finishing, kami memilih orang yang mengerti detail produk kami sehingga dapat meneliti dengan cermat bagian mana yang kurang sesuai. Di bagian kreatif kami memilih orang yang mempunyai latar belakang sebagai orang yang cepat bosan dengan hal-hal yang itu saja sehingga dia akan berinovasi dan berkreasi terus-menerus dengan produk kami. Di bagian pemasaran, kami memilih orang yang dapat berkomunikasi dengan baik dan menarik pada konsumen.
  1. Pelatihan karyawan
                        Karyawan yang telah diseleksi kemudian dilatih sesuai dengan porsi kerja masing-masing. Seperti halnya penjahit akan dilatih untuk meningkatkan hasil jahitan agar lebih raawan juga akan diberikan motivasi agar selalu bersama-sama memajukan produk kami menjadi yang terdepan dan terpercaya. Selain itu para karyawan akan mendapatkan pembagian keuntungan yang dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan pada saat seleksi. Namun tidak menutup kemungkinan kami akan memberikan bonus pada karyawan yang memiliki produktivitas yang tinggi dan sungguh-sungguh dalam bekerja.
3. Struktur Organisasi
DIREKTUR


MANAJER

KARYAWAN

 






FINISHING
PEMASARAN
PENJAHIT
TIM KREATIF



4. kerjanya
  1. Direktur
Bekerja untuk mengatur perusahaan secara keseluruhan mulai dari mengkoordinir karyawan, mengkomunikasikan, pengambilan keputusan, memimpin, mengelola dan eksekutor dalam menjalankan dan memimpin perusahaan.
  1. Manajer
Bekerja untuk mengawasi kantor untuk mencapai tujuan produktivitas yang sesuai dan memberikan pengarahan-pengarahan kepada para bawahannya.
  1. Karyawan
1)      Karyawan bagian tim kreatif berkerja umtuk mendesain produk, menciptakan model terbaru, dan menkombinasikan dengan sentuhan-sentuhan budaya Indonesia.
2)      Karyawan bagian menjahit bekerja untuk menyatukan bahan-bahan yang awalnya hanya kain biasa menjadi kain yang tersusun rapi dengan jahitan yang dia buat.
3)      Karyawan bagian finishing bekerja untuk meneliti kembali bagian-bagian produk yang telah selesai dijahit sudah sesuai dengan standart produk bisnis kami atau belum. Setelah produk telah sesuai dengan standart kemudian mereka harus mengemasnya.
4)      Karyawan bagian pemasaran bekerja untuk melakukan promosi melalui media cetak maupun elektronik, melakukan pendistribusian produk dan juga melayani konsumen yang hendak membeli produk kami baik secara.

F. Rencana Keuangan
            Dalam bisnis ini kami akan menyajikan transaksi yang perusahaan kami butuhkan untuk mempermudah jalannya proses produksi.
1. Estimasi laporan Laba/Rugi
Laporan Laba Rugi
“perusahaan NJ Collection”
Pendapatan                                                                                                                                                                 Rp. 100.000.000
Beban bahan baku                                                                               Rp. 41.000.000
Beban gaji                                                                                                       Rp. 9.000.000 +
Jumlah beban usaha                                                                                                                                        (Rp. 50.000.000)

Laba usaha                                                                                                                                                                  Rp. 50.000.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar